Budidaya Tanaman Cabe Rawit Dalam Pot

November 12, 2013 admin Berkebun

budidaya-cabai-dalam-polibagBudi daya cabe dengan menggunakan media pot sudah bukan lagi hal yang baru. Banyak orang sekarang memanfaatkan teknik ini karena ini merupakan cara yang praktis, eknonomis, dan juga tidak membutuhkan lahan yang terlalu banyak sehingga bisa dilakukan di tempat-tempat yang berlahan sedikit seperti di daerah perkotaan dan lain sebagainya. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk budidaya tanaman cabe rawit dalam pot adalah sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan bahan dan perlatan yang dibutuhkan:

a)      Media tanam, dalam hal ini adalah pot

b)      Sabut kelapa yang sudah kering dan menghancurkannya hingga berukuran kecil untuk dimasukkan ke dalam pot. Tujuannya adalah untuk menyerap air yang dibutuhkan oleh tanaman nantinya.

c)        Serbuk gergaji. Serbuk gergaji dipakai sebagai alternatif media yang fungsinya tidak jauh beda dari serabut kelapa yaitu untuk menyerap dan menyimpan air.

d)      Kerikil. Kerikil ini dipakai untuk memperkuat akar atau sebagai tempat merekatnya akar cabe. Alternatif penggunaan media kerikil ini adalah pasir. Akan tetapi, kerikil lebih baik dari pada pasir karena akar akan dapat bergerak dengan bebas untuk mencari ruang karena kerikil memiliki rongga-rongga yang lebih besar dari pada pasir sehigga akar dapat dengan mudah mencari makanan.

  1. Teknik menanam yang tepat

Adapun teknik penanaman cabe di dalam pot ini tergolong mudah, berikut adalah tips-tipsnya:

a)      Sebelum ditanam, cabe harus terlebih dahulu disemai.

b)      Sebelum memasukkan tanaman cabe, terlebih dahulu wadah yang dipersiapkan diisi dengan serabut kelapa

c)       Setelah itu, masukkan serbuk gergaji dan kerikil. Pengisian ini harus dilakukan secara merata.

d)      Kemudian, diatas kerikil masukkan serabut kelapa lagi

e)      Sebagai lapisan paling atas, masukkan kembali kerikil supaya tanaman tidak mengalami penguapan secara berlebihan

f)       Jangan langsung menaman tanaman cabe didalamnya. Biarkan terlebih dahulu media tersebut selama sehari di tempat yang teduh

g)      Setelah sehari, siram media dengan air yang sudah diberi pupuk. Adapun pupuk yang bisa digunakan adalah air hasil fermentasi pupuk kompos.

h)      Tunggu hingga tiga jam dan tanamlah tanaman cabe di dalamnya.

 

artikel tentang tanaman cabetanaman cabe dalam pot


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by WordPress and HQ Premium Themes.