Tips Menanam Tomat Dari Biji Di Halaman Rumah

April 8, 2013 admin Berkebun

Menanam tomat dari biji di halaman rumah sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Anda dapat melakukannya hanya dengan mengikuti beberapa tips praktis di bawah ini. Nyatanya, dengan menanam tomat di halaman rumah Anda, ada banyak manfaat yang akan Anda dan keluarga peroleh. Selain itu, Anda akan merasa puas karena merasakan hasi jerih lelah Anda selama menanam dan merawat pohon tomat dengan ketekunan Anda. Jadi, Anda bisa memulainya dari sekarang.

Langkah-langkah Menanam tomat dari biji di halaman rumah

  • Menyiapkan Biji atau benih Untuk Ditanam
  1. Siapkan tomat yang akan Anda ambil bijinya untuk dijadikan Tips-Menanam-Tomat-Dari-Bijibenih. Pastikan bahwa tomat tersebut berasal dari pohon tomat yang tumbuh secara alami atau yang mengalami penyerbukan alami, bukan tomat hibrid atau yang sudah tercemari zat kimia karena nanti hasilnya tidak bagus.
  2. Belah tomat menjadi 2 bagian. Keluarkan bijinya. Pisahkan agar biji tomat mengalami fermentasi. Anda akan melihat adanya semacam jamur yang menyelimuti biji tersebut. Ini berfungsi untuk menghilangkan penyakit bawaan pada benih tomat tersebut. Cuci bersih biji-biji tersebut untuk proses selanjutnya.
  3. Letakkan biji tomat Anda dalam wadah terbuka. Beri air yang banyak. Aduk-aduk selama beberapa menit kemudian buang airnya. Lakukan hal di atas selama beberapa kali hingga lapisan jamur terlepas. Biji yang tidak bagus akan mengambang, sedangkan biji yang baik tenggelam. Saring dan keringkan di atas lapisan kaca, kayu ,piring atau apapun yang Anda pilih kecuali kertas atau kain karena akan menyulitkan Anda mengambil biji tersebut jika sudah kering. Setelah biji benar-benar kering, maka biji siap untuk ditanam. Anda dapat menyimpan sisanya dalam wadah tertutup rapat dan simpan di lemari es.
  • Menanam Benih
  1. Siapkan wadah datar yang sudah diisi dengan tanah kompos. Buat lajur-lajur berupa gundukan selebar 2- 3cm beri jarak antar gundukan dengan menggunakan pensil. Taburkan biji di gundukan. Tekan biji hingga sedalam kurang lebih 3cm. Letakkan di tempat teduk. Siangi dengan air setiap hari. Setelah tunas mulai muncul, letakkan di tempat yang terkena sinar matahari.
  2. Jika daun mulai tumbuh dan berwarna hijau muda menandakan tanaman tomat Anda sehat dan siap untuk ditanam secara terpisah dalam pot.
  3. Pindahkan secara hati-hati dengan memegang pucuk daunnya. Gunakan garpu usang untuk mengangkat akar dan tanah kompos di bawahnya. Jika akar dari beberapa benih saling bertautan, goyang-goyangkan secara perlahan untuk memisahkan mereka.
  4. Siapkan pot berdiameter sekitar 12 cm yang sudah diisi tanah kompos yang gembur. Buat luang di tengahnya untuk menanam benih. Masukkan benih dan tutup akarnya dengan tanah.
  5. Siangi dengan air hingga benih Anda tumbuh menjadi pohon tomat muda yang akarnya mulai kuat. Jika pohon tomat sudah cukup besar dan akarnya sudah kuat, Anda dapat memindahkannya ke tempat yang lebih luas di halaman rumah Anda untuk pertumbuhan maksimal. Proses menanamnya seperti pada waktu memindahkan benih kecil ke dalam pot.
  6. Dengan perawatan teratur Ada tinggal menunggu hasil panen Anda.

Nah , mudah bukan Menanam tomat dari biji di halaman rumah? Selamat mencoba!

 

Langkah menanam tomat dari bijitips menanam tomat dari biji


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by WordPress and HQ Premium Themes.