Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot

February 8, 2013 admin Berkebun

Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot pada dasarnya bisa dilakukan oleh siapa saja karena proses penanamannya sangat mudah dan hasilnya bisa Anda gunakan sendiri. Bahkan, jika Anda menanamnya dalam jumlah yang relatif banyak, hasil panen Anda dapat Anda jual dan budidaya ini dapat Anda jadikan sebagai salah satu usaha sampingan Anda.

Tetapi tentu saja Anda perlu untuk mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan untuk melakukan budidaya cabai ini. Selain menyiapkan lahan atau tempat di mana Anda akan meletakkan polybag dan pot yang jumlahnya banyak tersebut, informasi penting yang paling Anda butuhkan adalah tips budidaya cabai dalam pot atau polybag agar hasil yang Anda capai maksimal. Jangan lupa juga untuk menyiapkan peralatan yang diperlukan untuk melakukan budidaya ini.

Tips dan Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot

Berikut perkakas yang perlu Anda siapkan serta hal-hal yang harus Anda lakukan dalam budidaya cabai rawit:

  1. Siapkan Alat dan medianya
    Anda akan membutuhkan alat-alat seperti media tanam yang berupa tanah subur yang sudah dicampur dengan pupuk organik (perbandingannya 1:1), benih atau bibit yang bagus, pestisida organik, alat pemyemprot, gayung dan ember untuk menyiram tanaman, pot atau polybag sejumlah yang diinginkan (usahakan agar diameternya sekitar 35cm agar maksimal).
  2. Menyemai Benih
    Jika Anda belum mempunyai bibit untuk ditanam, Anda bisa membuatnya sendiri dengan menyamai biji cabai di pot atau polybag atau media lain seperti kaleng atau ember.
  3. Siapkan Media tanam
    Sipakan media tanam berupa tanah subur yang dicampur dengan pupuk organik dimana perbandingannya adalah 1:1. Setelah benih yang disemai tadi berumur kita-kira 3 hingga 5 minggu (sudah memiliki daun lima), pindahkan ke dalam media tanam yang sudah Anda siapkan tadi. Usahakan agar 2 atau 3 hari sebelum ditanami, media tanam tersebut sudah Anda siram dengan air dan pestisida organik cair.
  4. Penempatan Tanaman Cabai
    Letakkan tanaman cabai dalam pot atau polybag Anda di tempat teduh hingga berumur 1 minggu. Setelah itu letakkan di tempat yang mendapat paparan sinar matahari maksimal.
  5. Perawatan Tanaman Cabai
    Anda harus berhati-hati dalam merawat tanaman cabai Anda. Sirami tanaman dalam pot atau polybag hanya jika tanahnya kering, siram dan semprot dengan pestisida organik cair paling sedikit 1 minggu sekali. Tunas yang tumbuh di bawah pohon cabai harus dibersihkan atau dibuang. Jika salah satu tanaman Anda terserang hama, buang hamanya secara manual kemudian pisahkan tanaman yang terserang hama tersebut agar tidak menjangkiti tanaman lain yang sehat. Pada musim kemarau, Anda harus sering-sering menyiram daunnya agar terhindar dari kutu.

Sekarang Anda tinggal menunggu menikmati hasil panen Anda.
Nah, tips Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot di atas tidak sesulit yang Anda pikirkan bukan? Selamat mencoba!

 

artikel tentang budidaya cabaibudidaya cabai dalam polybag

2 Responses to “Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot”


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by WordPress and HQ Premium Themes.