Cara Menanam Singkong Dengan Hasil Maksimal

January 31, 2013 admin Berkebun

Tips dan Cara menanam singkong dengan hasil maksimal tentunya aka sangat bermanfaat bagi para petani yang ingin hasil panennya berlimpah. Tetapi tips tersebut di atas dapat juga Anda terapkan terutama jika Anda ingin menanam singkong di salah satu bagian halaman Anda. Dengan persiapan dan pengetahuan yang baik mengenai cara menanam singkong yang benar, ditambah dengan ketekunan serta kesabaran Anda dalam merawatnya, tidak mustahil bahwa hasil yang akan Anda peroleh nantinya akan maksimal dan memuaskan Anda. Jadi, apa saja yang perlu Anda persiapkan dan lakukan sebelum menanam singkong agar hasilnya berlimpah dan maksimal?

Berikut Tips dan Cara menanam singkong dengan hasil maksimal

  1. Siapkan Lahan tempat Menanam Singkong
    Singkong membutuhkan tanah yang gembur dan subur agar umbi yang dihasilkan bisa maksimal ukurannya selain kualitasnya, untuk itu sebelum Anda menanamnya, tanah tempat Anda menanam harus dicangkul terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan teknik gundukan tanah memanjang seperti ketika Anda menanam cabai. Letakkan sampah daun yang nantinya akan berfungsi sebagai pupuk alami di dalam gundukan tanah yang Anda buat tadi. Jangan lupa membuat jalan air antara gundukan yang satu dengan lain agar tanah gundukan untuk menanam singkong tadi tidak terendam air.
  2. Siapkan Bibitnya dan Tanam
    Setelah tanah atau lahannya sudah siap, Anda dapat mulai memilih bibit singkong terbaik dan menanamnya. Beri jarak antar bibit kurang lebih 7 hingga 10cm agar tidak terlalu rapat. Perhatikan waktu Anda menanamnya supaya tidak terbalik, ujung bawah yang ditanam ke dalam tanah adalah bagian bibit yang tua.
  3. Perawatan Tanaman Singkong
    Merawat singkong yang sudah Anda tanam tadi akan kita bagi menjadi 3 seperti di bawah ini:

    • Merawat Tunas

    Setelah beberapa waktu, akan mulai tumbuh tunas dari bibit yang Anda tanam. Anda harus menyingkirkan semua rumput yang tumbuh selama tunas muncul agar tanaman Anda tidak kekurangan unsur hara yang merupakan makanannya karena diambil oleh rumput yang tumbuh di sekitarnya.

    • Mengairi Tanaman

    Anda harus menjaga agar bibit yang Anda tanam tidak kekurangan air, tetapi usahakan agar tanaman Anda tidak terendam hingga basah.

    • Memberi Pupuk

    Berikan pupuk kandang – Anda bisa membeli atau membuatnya sendiri dari ternak yang Anda miliki jika Anda memang petani yang memiliki ternak. Pupuk kandang in iberguna untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman singkong Anda terutama daunnya.

artikel tentang cara menanam singkongcara menanam singkong dengan maksimal


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by WordPress and HQ Premium Themes.